PPOB (Payment Point Online Bank) sudah di terapkan di beberapa daerah di Jawa Barat dan sekarang mulai diberlakukan juga di daerah lain. Pro kontra tentang pelaksanaan PPOB masih menjadi perdebatan di kelompok masyarakat, penyelenggara pembayaran rekening listrik, dan anggota dewan di daerah masing-masing.
Apa sih PPOB?
Payment Point Online Bank atau disingkat PPOB adalah layanan pembayaran rekening listrik pelanggan PLN secara online melalui jasa Bank. PLN dengan beberapa kali kebijakan telah berupaya memperbaiki sistem pembayaran rekening listrik pelanggannya mulai dari manual, ofline kemudian sekarang menuju ke online. Beberapa produk yang diluncurkanpun diharapkan mampu meningkatkan kinerja PLN secara nyata. PPOB menggunakan jasa Bank sebagai lembaga keuangan, lembaga Switching sebagai gateway lalu lintas data, plus Data Center PLN sebagai penyedia data. Dan yang terakhir adalah outlet-outlet yang bisa berupa sebagai berikut:
-ATM
-Teller
-Auto Debet
-SMS Banking
-Phone Banking
-Internet Banking
-SST
-KUD
-EDC
-Wartel
-Yayasan
-Kelurahan
-Pesantren
-Kantor Pos
-Mobil Pos
Pro kontra PPOB
Beberapa penolakan dan dukungan terhadap produk ini terus mengalir di masyarakat seperti terlihat di bawah ini :
PPOB sebagai solusi atau ilusi?
Dan salah satu penerapan PPOB inipun seperti diungkap pejabat PLN disini adalah untuk meminimalisir resiko dan menekan angka tunggakan serta mengurangi biaya operasional. Penerapan untuk daerah metropolis mungkin tidak menimbulkan dampak yang berarti dengan pengenaan biaya administrasi bank sebesar rp.1600 sampai rp.5000 karena tingkat ekonomi dan akses ke outlet-outlet berdekatan. Masalah justru dikhawatirkan timbul di pedesaan yang selama ini menerapkan
sistem kolektif dan tingkat ekonomi yang masih rendah serta akses ke outlet yang masih jauh. Tapi hal ini dibantah oleh pihak yang pro disini karena dianggap biaya administrasi PPOB lebih kecil dari biaya transportasi menuju ke outlet-outlet. Terlepas dari pro dan kontra yang terjadi dengan adanya PPOB, selama semua dapat dikomunikasikan dan tidak ada informasi yang ditutup-tutupi, sebagai pelanggan listrik akan menerima selama itu juga meningkatkan mutu layanan PLN pada saat terjadi gangguan,pemadaman serta troubleshooting lainnya. Warga di pedesaan entah karena sosialisasi yang kurang atau sebab lain sampai saat ini masih ada yang tidak tahu tentang perubahan-perubahan sistem pembayaran serta jatuh tempo waktu pembayaran. Sehingga masih ada saja pelanggan yang terkejut saat dikenai biaya keterlambatan karena kurang informasi. Pelanggan sudah sangat berterima kasih karena diterangi sampai saat ini.Dan anggaran yang di hemat dari pelaksanaan PPOB semoga dapat meningkatkan jumlah jaringan yang masuk ke pelosok desa dengan diinvestasikan untuk pembangunan pembangkit-pembangkit baru, sehingga seperti slogan PLN yang ingin menjadikan
listrik untuk kehidupan yang lebih baik.
Komunikasi Multi Arah
Bagaimana sebuah perusahaan bisa melibatkan pelanggannya dalam menentukan makna dan karakter dari produknya sudah banyak diterapkan oleh perusahaan-perusahaan kelas dunia. Beberapa pihak berpendapat bahwa saat ini sebuah produk tidak bisa lagi statis dan diterapkan secara sepihak oleh perusahaan. Begitu juga dengan PLN dengan PPOB nya. Beberapa upaya komunikasi eksternal ke poin-poin berikut mungkin sudah dilakukan :
-Hukum
-Pemda
-DPRD
-Ulama
-Pelanggan
-LSM
-Pers
-Mitra Kerja
Dan mungkin masih ada lagi upaya komunikasi multi arah lain (citizens brand mungkin?) yang dapat menggaet dan mempertahankan relasi emosional jangka panjang dengan komunitas dan masyarakat di sekitarnya. Tidak ada salahnya mengadopsi sebuah sistem yang sukses di satu daerah untuk diterapkan di daerah yang lain selama migrasi itu berlangsung mulus, cantik serta cerdas. Untuk daerah-daerah yang akan diluncurkan produk PPOB semoga dapat menikmati kemudahan layanan ini dan jangan menunggak lagi agar tidak terkena biaya keterlambatan. Jika anda merasa pro maupun kontra dengan produk ini, berpendapatlah..mumpung ini era kebebasan yang bertanggung jawab.
(UPDATE PRO DAN KONTRA PPOB)
(Dîrghâyuh sira sang rumengwa tuwi sang mamaca manulisa)
Bukankah semakin banyak cara pembayaran akan lebih memudahkan pak? .. jadi masyarakat bisa memilih membayar sesuai dengan kebiasaannya. Jadi saya pikir .. sekarang tidak susah lagi untuk membayar rekening tagihan 🙂
@erander
Semakin banyak cara pembayaran memang akan lebih memudahkan pak selama biaya administrasi tidak membebani konsumen. Ini memang masalah kebiasaan membayar saja pak, kalau secara bertahap pola bayar masyarakat berubah mungkin tidak menimbulkan pro dan kontra.
saya c se7 aja, asal tidak membebani masyarakat. tentunya PLN harus punya komitmen juga, TINGKATKAN PELAYANAN. jangan MATI PADAM, MATI PADAM, MATI PADAM, kapan nyalanya. aku juga mau ikut jadi agen, gemana caranya bos. apakah ada vendor yang bisa diajak kerjasama perorangan???????
Saya setuju…. Saya ingin setiap pembayaran dilakukan dengan cara yang praktis….. daripada antri di tempat pembayaran kan lebih baik tidur di rumah.. hee…. Semakin banyak pilihan akan semakin baik dan semakin mendidik masyarakat untuk memilih yang terbaik buat mereka… HIDUP PLN…..
era sekarang orang mempunyai waktu longgar sangat sedikit. dengan adanya PPOB mereka sangat terbantu, karena pembayarannya lebih fleksibel (bisa dimana2)… selain itu juga memberikan kesempatan kepada masyarakat indonesia yang ingin mendapatankan penghasilan dengan membuka loket PPOB… makasih PLN yang telah memberikan kesempatan kerja, guna mengurangi pengangguran… Setidaknya PLN mendapatkan reward…..
pokoknya tak dukung dah ide cemerlangnya PLN….. Semangat!!!
@bung FA
kalau soal agen mestinya bisa untuk lebih jelasnya dikonfirmasikan ke PLN mas 🙂
@eko
untuk antrian memang dengan banyak pilihan akan memudahkan pelanggan. Dan semoga saja layanan lainnya dari PLN bisa lebih baik. 🙂
@berta
semangat..semangat… 🙂
emang sih membuka lapangan kerja baru, akan tetapi modal untuk membuka layanan PPOB ngga sedikit mas…
cuma orang yang mampu untuk membuka layanan itu….
trus gmn solusinya untuk masyarakat menengah kebawah untuk membuka layanan tersebut?
buka PPOB gampang dan murah koq silahkan klik http://hendrasmara.wordpress.com/peluang-usaha/
mudah cuma 350rb sudah bisa buka usaha pembayaran hub 085227345402
@arie
PPOB memang terlihat menjanjikan mas, dan seperti yang sudah terjadi di daerah yang sudah melaksanakan PPOB, awalnya memang diperlukan deposit yang tidak sedikit (sesuai dengan rekening yang mau dilunasi), kemudian perangkat untuk transaksi, trus infrastruktur jaringan yang dipakai (gratis atau berlangganan), belum lagi tempat/sarana yang digunakan (sewa atau milik sendiri). Dan semakin besar pelanggan kita kelola, maka deposit yang kita setorkan pun semakin besar. Dan dengan uraian saya diatas sampeyan kira2 sendiri apakah masuk untuk kriteria menengah ke bawah? Memang ada perangkat EDC yang menawarkan lebih fleksibel, bisa mobile selama terkoneksi ke jaringan internet, disini pihak Bank pun tidak sedikit pemberlakuan depositnya bagi kita kalangan menengah ke bawah, belum lagi kalau disuruh membeli perangkat EDC yang sekitar 3 jutaan. Mungkin kalau ada pihak Perbankan disini yang mau mengomentari dan memberi kemudahan soal deposit saya yakin masyarakat menengah ke bawah seperti kita dapat ambil bagian dalam perebutan “kue PLN” ini
Saya sangat setuju untuk melaksanakan ppob karena loket pembayaran dari lokasi tempat tinggal saya menghabiskan ongkos ojek kedepan jl raya rp.3000, angkot ke pln 2000 kalau pergi pulang rp. 10.000,-
Untuk itu saya berminat untuk bekerjasama membuka ppob dikompleks perumahan tempat tinggal saya. Namun demikian saya sangat awam mengenai kerjasama tersebut. Mohon bantuan penjelasan, dan kemana harus saya hubungi.
Terima kasih atas bantuan saran.
untu info pembukaan loket pembayaan silahakan sms/tlp 085227345402 syarat mudah dan gampang
@jantje
Silahkan kalau memang berniat membuka loket PPOB, kayaknya sudah ada yang mengiklankan tentang kerjasama PPOB, googling aja. Memang kalau daerah yang jauh dari loket pembayaran ongkos transport terasa lebih mahal dibanding biaya administrasi PPOB, begitu juga dengan tempat saya, walaupun saya harus mengeluarkan 500 s/d 1000 rupiah untuk kolektor yang datang ke tempat saya.
menurutku ini sih suatu kemajuan ya..
soalnya dengan adanya ppob ini lebih banyak keuntungan yang diperoleh konsumen daripada kerugiaanya.
untungnya ya untung waktu (banyak yang orang ga perhitungkan ini), trus untung ongkos jalan (bagi yang jauh tuh dari rumah), bisa ngurangin pengangguran tuh (kan bisa tuh dari situ orang berusaha buka ppob trus butuh karyawan trus ada yang bisa jasa koordinasi bayar satu komplek di satu orang) dll
Ruginya mah cuman keluar duit Rp 1600 ampe Rp 5000 an buat ongkosin ppob ma jasa kurir kita.
yah kadang kalau sesuatu yang dapat membuat kita lebih maju mesti ada pro n kontranya sih..
@prayitno
Menurutku dengan adanya pro dan kontra ini juga suatu kemajuan mas..masyarakat sudah biasa berpikir kritis terhadap suatu kebijakan. Dan memang betul segala sesuatu yang mengarah kemajuan pasti ada kendala. Masing-masing kebijakan ada kurang dan lebihnya, dan semoga PPOB PLN ini lebih banyak lebihnya daripada kurangnya.
Saya sangat setuju adanya PPOB, karena mengurangi aktifitas antri yang mengganggu kerja saya. Masalah penolakan saya pikir itu lumrah saja, karena informasi dari PLN yang belum memasyarakat aja.
Kalo ada yang berpendapat pembukaan PPOB mengharuskan modal yang besar, saya pikir itu relatif karena ada PPOB yang mensyaratkan depositnya 2 juta bahkan ada yang hanya 500 ribu saja. Hanya saja kalo modal dikit harus rajin2 ke bank untuk isi deposit kalo udah tipis/habis biar bisa tetap melayani nasabah.
Saya sendiri sekarang membuka loket PPOB dengan deposit 500 ribu saja. Kalo anda juga berminat silahkan sms saya di 081 2272 1913. Terima kasih.
Menurut saya untuk masyarakat diperkotaan bukalah suatu masalah membanyar bisa di mana saja. Tetapi masyarakt di pedesaan tidaklah sama keadaanya. Banyak sekali perbedaan2 yang mestinya di pertimbangkan :D. Misal sulitnya medan dan lokasi.
saya di satu sisi juga setuju karena mempermudah untuk pembayaran, tp dimana-dimana tetap masyarakat yg berkorban dan tetap digorok lehernya saya jg sadar klo teknologi nggak gratis…tp jgn dibuat lahan bisnis dong…cb anda pernah main hitung2an…PPOB menerapkan biaya adm. Rp. 1600/nopel, jika di suatu daerah ada 100rb pelanggan,masyarakat udah di gorok lehernya sebesar 160 jt, bayangkan jika satu kota pelanggan listrik mencapai 500rb pelanggan, jika di jawa ada berpa ratus kota…(^_^) berapa rupiah pihak vendor meraup untung…cuit..cuit…???(semakin buncit aja perutnya..:-D).
Disatu sisi juga ada positifnya bagi Agen tiap pelanggan vendor menyediakan nominal bervariasi dari Rp. 1000- Rp. 750 / *fee ini blm termasuk biaya Jaringan.lagi-lagi masyarakat digorok lehernya dengan istilah sewa jaringan(connection)…emang sih buat bangun tower+Antena juga pake uang gk pake Daun (kyk di iklan fren) tp ya mbok ojo nemen-nemen toh…
sungguh ironis bgt klo liat masyarakat kita yg menjadi peran penting di negara ini (alat para caleg,presiden,wakil presiden) tetap digorok lehernya…apakah mereka berfikir…???
@ mr. Kampret
yang saya tau tentang kabarnya PPOB perhitungannya tidak begitu..
yang saya dengan Rp.1600 itu di bagi 2 yaitu
Rp.600,- untuk bank dan sisanya itu untuk vendor yang membuka loket PPOB.
itu yang saya dengar untuk kebenarannya, lebih jelas tanyakan pada pihak yang berwenang (P.L.N/ perbankan) 🙂
Emang barang baru itu menarik untuk dikomentari.. Yang masing-masing itu tidak lepas dari latar belakang, kepentingan dan sudut pandang masing2. Lepas dari itu semua kita hendaknya lebih arif dan obyektif dalam menilai sesuatu. Karena kita dituntut untuk mengikuti perkembangan jaman, syukur-syukur yang banyak manfaat daripada mudhorotnya. PPOB dijalankan dengan sistem on-line, adalah suatu keuntungan tersendiri, belum lagi berapa tenaga kerja yang akan terserap, ongkos transport dan waktu yang dapat dihemat. Langkah PLN ini tentu akan diikuti oleh Lembaga lainnya sehingga lebih memudahkan masyarakat dalam memenuhi kewajibannya. Mungkin hanya masalah waktu saja untuk bisa menerima sistem baru ini secara utuh…
Menurut saya pendapat mr. kampret kurang membangun, coba dulu bapak hitung-hitung? saat ini berapa ada loket PLN di setiap kota, ataupun 1 kecamatan, menurut perkiraan saya lebih sedikit orang yang dekat dengan loket pembayaran listrik atau pun atm, Jadi jauh lebih banyak plgn yang jauh dari loket pembayaran, yang harus mengeluarkan biaya transportasi rp. 2000 sd 5000 per sekali jalan, klu pp 5000. Itu dari sisi biaya yang dikeluarkan. Belum lagi dari sisi waktu keloket sampai dengan antrinya bisa makan waktu setengah hari utk byr tagihan pln aja, klu kita hitung2xan dari sisi bisnisnya si plgn cukup byak di untungkan dengan dikenakan biaya adm 1600 s/2000 tanpa waktu nya terhabiskan banyak kesitu, bisa ngerjai yang lebih bermanfaat lagi. Apa pun ceritanya kita jagan terlalu sempit dalam berpikir/negatif thinking karena biaya adm tadi, tetapi perlu kita hitung secara luas untung/ruginya. Dalam hal ini saya minta maaf juga buat mr kampret, dan saya bukan menggurui, atau pun menyudutkan. Dan Satu lagi, Mungkin di tempat bapak banyak orang yang punya modal sedikit tapi punya kemauan yang besar (menganggur) punya modal 2 jutaan sdh bisa ikut bergabung di bisnis ini dan membuka lapangan kerja yang baru kan? Tanpa dimonopoli suatu perusahaan dengan memberi gaji sesuai UMR daerah masing2x. Jadi menurut saya sistim ini sangat lah bagus. Kalau seandainya, dikasih kesempatan untuk saya bergabung di bisnis ini, Insya Allah saya Mau ikut. Apalagi saya sekarang sudah menjalankan bisnis online ini yaitu buka server pulsa. Jadi hingga ke pelosok bisa kita tempuh tanpa memikirkan suatu resiko yang besar, dengan memperlaus jarngan. Terimakasih Salam Sukses.
menurut aq PPPB merupakan program PLN yang paling bagus dalam suatu sejarah ,,, mengapa aq berkata begitu karena di program ini kita bisa membayar rekening tunggakan dengan cara pembayarab secara online dan kita tidak perlu lagi pergi ke PLN lagi untuk melunasinya lagi kita cukup datang aja ke otlet pembayaran PPOB dan kita bisa langsung memmbayarnya disana , dengan demikian kita tidak perlu mengeluarkan banyak biaya untuk datang ke kantor PLN,,OKE mungkin cukup komentar saya dan jaya terus untuk PLN dan mudah-mudahan bisa menciptakan ide-ide cemerlang lainnya yang dapat memuaskan pelanggan
saya tertarik untuk join bisnis ini… tp dengan yang modal deposit minimal 500rb itu apakah benar? gimana untuk memastikan deposit itu tidak dilarikan atau hilang? atau kemana saya harus mendaftar?
terimakasih
sangat benar dikami minimal deposit hanya 50b, deposit dilakukan setelah keanggotaan aktif bisa hub 085227345402
Saya sangat setuju dengan adanya PPOB, karena lebih banyak keuntungan yang didapatkan…. Selain membantu perekonomian rakyat (membuka lapangan kerja)… juga dapat membantu Pemasukan dana pemerintah khususnya PPJ sehingga devisa daerah dari PPJ juga bertambah…. Masalah biaya itu sudah lumrah karena namanya orang usaha / berdagang maka harus dapat keuntungan… yang penting biayanya harus masih dalam batasan normal…. kalau sampai melebihi nilai pembayaran pemakaian berarti ga normal. nah yang kaya gitu yang harus ditolak… kalo masih cuma 500 s/d 5000 saya rasa masih normal… hitung2 pengganti BBM.
yang lagi cari pemasangan PPOB silahkan ke……
http://kuduskab.go.id/suarawarga/showthread.php?tid=120
PPOB BRI jatim, membuka peluang bisnis, dengan mendapatkan 1000 /taransaksi, anda berminat hubungi tlp : 031-5457316
ibu nani
Aslm smua,
U/ bpk2 ato rekan2 yg ingin buat PPOB, saya himbau agar sangat berhati-hati, karena sudah banyak yg tertipu oleh oknum2 agen pemasangan PPOB. Misal: di daerah domisili saya (Kudus JATENG) , satu set perangkat PPOB + pendaftaran (tinggal pakai) kira2 sampai Rp.9Jt. Karena banyak yg termakan isu keuntungan yg banyak (kata agen sich..), akhirnya banyak yg buat PPOB, nach sebagai akibatnya, keuntungan tidak sepadang dengan modal yg telah dikeluarkan, istilah keren nya BEP (Break even point) jauh dari kata MEMUASKAN…..
Salam,
SAM engineer
Saya ikut PPOB PT. Sanestri Bangun Jaya, tetapi ketika hendak berpindah ke perusahaan lain, ada TAGIHAN KELEBIHAN yang harus dibayar sejak saya mulai membuka loket PPOB dari PT. Sanestri Bangun Jaya yang jumlahnya cukup banyak. Saya yakin ini hanya akal-akalan Pimpinan Cabang untuk mendapat uang. Kepada yang bermaksud membuka Loket sebaiknya hati-hati memilih PT yang orang-orangnya PROFESIONAL.
kalau mau ppob yang jujur dan mudah dikami aja minimal deposit kecil dan syarat mudah hub 085227345402
Orang tua saya ikut PPOB mulai bulan Desember 2008, tapi ternyata ada oknum yang menipu kelurga kami sehingga fee yang seharusnya didapat mulai Desember – Pebruari sama sekali tidak kami terima, pembagian keuntungan setelah kami selidiki ternyata oknum tersebut per lembarnya ikut merasakannya (padahal oknum tersebut tidak bermodal dan tidak mengeluarkan keringat) dari administrasi awalpun kami ditipu habis2an misalnya dari uang sewa EDC dia minta 2 kali lipat dari harga sewa yang sebenarnya (itu semua terbongkar setelah saya selidiki). Meski hati ini dongkol dan marah, akhirnya kami putuskan hubungan kerja sama si oknum tersebut dan kami berpindah pada PPOB bank yang lainnya. Oleh karena pengalaman keluarga kami tersebut, maka kami harap Bpk./Ibu berhati2 bila akan membuka PPOB. Jangan sampai kejadian seperti keluarga kami terulang kembali.
mau ppob yg murah dan mudah bisa pakai aplikasi mobil dan pc hub 085227345402
Pengen ngerti.
Boleh tanya khan~,,
Buat Bpk/ Ibu/ Saudara sekalian yg berkenan memberi info buat saya, tolong y..,
-kalo pengen buka loket PPOB apa harus lewat Vendor rekanan Bank account PPOB?,
-apa ga’ bisa jadi downline Banknya langsung?,
padahal bayar tagihan lewat ATM Bank bersangkutan khan bisa,
Sebelum & sesudah atas infonya, diriku Ucapkan makasi buayak,
(dukung PPOB selagi bermanfa’at, selagi Negara ini bingung nyiptain lapangan kerja. jadi karyawan diloket PPOBnya juga g’ apa, orang diriku g’ punya modal)
mau daftar ppob murah dan mudah silahkan hub kami 085227345402
Wah ini bisa jadi peluang juga ya …
pay jho lagi,
berapa c? harga sewa EDC, denger2 kok nyampe 6jutaan kalo ga’ salah buat waktu 3tahun, sewa untuk tahun berikutnya baru bisa dicicil. wah… jadi tambah gede ya modalnya?. gagal dech! makan kue punya’an PLN,
@Pay Jho
Utk buka PPOB sangat mudah..py komputer, modem udah deh. Soal deposit tergantung brp byk nasabah kita. Tdk ada batasan deposit. Saya sarankan jangan pake EDC walopun praktis bisa ditenteng kemana2. Tapi ut masyrkt pedesaan kadang kurang bisa menerima kalo struknya kecil kayak struk kasir gitu
menurut survey…bahwa masyarakat sekarang mencari yang lebih praktis dan simpel,jadi ketika muncul PPOB di banyak tempat akan sangat menguntungkan..daripada antre banyak dan lama dan lagi menyita waktu..dengan adanya PPOB sangatlah membantu masyarakat..apalagi sekarang parkir juga menjadi beban tambahan bea tambahan…intinya administrasi + parkir = tambahan biaya……
PPOB Jawa Timur Ayo gabung bersama kami PPOB dari Bank Mandiri membuka peluang Usaha 1000/trx
info hubg. soewanto,SH +6285247464558 / 031-3763423
Kalo payment poin utk kebutuhan pribadi gabung aja di Kartupulsa. Begitu jadi member anda mendptkan fasilitas pembayaran PLN, telp, Pajak, tagihan pinjaman Adira, wom, FIF dll langsung dr HP atau via website. Mudah, praktis HP anda layaknya ATM pribadi. Buka http://www.kartupulsa.com kode aktivasi 9187077170
Kalo payment poin utk kebutuhan pribadi gabung aja di Kartupulsa. Begitu jadi member anda mendptkan fasilitas pembayaran PLN, telp, Pajak, tagihan pinjaman Adira, wom, FIF dll langsung dr HP atau via website. Mudah, praktis HP anda layaknya ATM pribadi. Buka http://www.kartupulsa.com kode aktivasi 9187077170. Hub : 081390021090
KAMI di sini mau berbagi info dengan rekan-rekan semua. Kami pikir ini Jawaban atas diskusi / komentar tentang layanan PPOB selama ini. Untuk rekan-rekan semua telah lahir layanan PPOB yang Murah/Effesien/Aman yang dapat di gunakan untuk PRIBADI ataupun untuk melayani pembayaran PPOB di lingkungan Perumahan/ RW/ Sekolah2 ( Dijual kembali). Layanan Payment Point (PPOB) ini dapat digunakan untuk bayar listrik/telpone/cicilan motor,pbb, dll. Akan terus dikembangkan layanan2 yang lain.
Media / Alat yang di gunakan cukup dengan menggunakan HP atau PONCEL yang mana setiap orang sudah memilikinya saat ini. Contoh, untuk pembayaran Listrik/PLN biaya administrasi cuma rp 1600 dan untuk pembayaran telpone/HP/speedy internet/cicilan motor/dll tidak dikenakan biaya admin (gratis).
Jadi cukup dari PONCEL anda, anda sudah dapat membayar tagihan rutin anda dengan biaya yang sangat MURAH.
INFO lebih detail, silahkan bisa di lihat di web site http://www.indotamasolution.com/?ref=1, atau silahkan hub: 021-68433223 , dengan senang hati kami dapat membantu anda semua.
Trims – Setiawati
http://www.indotama5.com
Abang2 yg baik hati saya mau buka melalui BPR KS niiih kira2 ada info gak tentang BPR KS ?
bapak ada di lokasi mana? mumgkin bisa bertanya di BPR daerah bapak yg terdekat..yg saya denger kalo BPR basisnya pake mesin EDC..
Bagi yang berminat buka PPOB bisa klik http://hendrasmara.wordpress.com/peluang-usaha/ , sebagai gambaran biaya daftar gratis, deposit minimal 300rb-an
Mas Adil
saya nanya perihal PPOB ini. Apakah PPOB ini bisa melayani penjualan token listrik (sistem prabayar-digital)?
Terima Kasih
FH
kayaknya bisnis PPOB perlu modal yang besar juga ya….karena kita harus Inves di bank yg bersangkutan…walah ….walah..giman oenag orang kecil bisa maju kalau sistemnya begitu…mbok yao gak usah pakai inves segala..yg penting totalannya di akhir bln atau di atas tanggal 15 gituloh
@febri : Untuk prepaid sepertinya sudah ada mas..di Translink…mereka sudah sejak bulan januari 2010 sudah dapat melayani listrik prabayar…lokasi dimana? ini link nya http://translink-online.com/
@arema : itu memang system deposit yg diberlakukan kepada outlet untuk pengaman finansialnya
mungkin q org yg ketinggalan informasi, o,ya.. daftar ppobnya dmana n prosedurnya kayak gimana? tolong jelasin dong…. sya di jatim . trus sya harus kemana dulu ya..
mau daftar ppob yang mudah dan murah silahkan hub 085227345402
PELUANG USAHA BUKA LOKET PEMBAYARAN REKENING LISTRIK , TELEPON ,INTERNET SPEDY ,PULSA ELEKTRIK ,LEASING PEMBYRN MOTOR , TICKET PESAWAT , VOUCHER HOTEL DLL
Investasi kecil, systemable, terkontrol dan terkendali, segmen pasar real, keuntungan yang berkelanjutan.
HANYA DENGAN Rp,2.000.000
sudah termasuk :UANG PENDAFTARAN ,BIAYA ADM ,BIAYA INSTALASI , SPANDUK ,SUPLAY KERTAS.
PERSYARATAN MUDAH
FOTO COPY KTP
ISI FOMULIR
DEPOSIT AWAL 1.000,000 (SELANJUTNYA TERSEAH ANDA)
PAKET LENGKAP Rp,6.000.000
PAKET SUDAH TERMASUK :KOMPUTER P4 LENGKAP,PRINTER DOT MATRIK,BIAYA PENDAFTARAN,BIAYA ADM ,BIAYA INSTALASI , SPANDUK ,SUPLAY KERTAS DAN DEPOSIT AWAL
PERSYARATAN MUDAH
FOTO COPY KTP
ISI FOMULIR
KESEMPATAN TERBATAS SEGERALAH SEBELUM TETANGGA ANDA MENDAHULUI ANDA
UNTUK INFO LEBIH LANJUT SILAKAN HUB 021 80372905 SOPHIE TRAVEL
Email sophie_tour1@yahoo.co.id
menarik juga nie… ikut donk mo buka agen nya cos.. di kampungku .. klo mo bayar… Tagihan PLN, Telkom jauh… ada yang harus naek ojeg ongkosnya sampe Rp 10 ribu… wah mudah-mudahan maslahat ni … ada yang bisa kasih info.. Persyataran dan aturan maennya gmaneeee… di tunggu soon…. di
E-mail : Desfrykam@gmail.com…
Sy sbgai agen pemasaran ppob magelang temanggung dst,sdh banyak loket yg bekerja sama terutama kantor desa sangat merespon karena akan menjadi aset desa PAD(pendapatan asli desa) yg selama ini masuk kefihak lain.Untuk adm Rp1600 masyarakat pedesaan tdk ada masalah dan 100% mendukung karena akan dikembalikan lg ke desa Rp1000.Yg notabene untuk kas desa dan ini tokoh masyarakat,BPD,perangkat desa sangat setuju karena selama ini msk ke fihak lain sekarang murni di kelola oleh Pemerintah desa.Fihak masyarakat tdk perlu jauh jauh ,krna bisa di byr sampai malam krna ON LINE dan mengurang resiko denda tdk terikat jam kantor,siang biasanya masyarakat kerja ke ladang.Sy memenfaatkan komputer yg ada di desa Bagamana komputer tsb bisa menghasilkan Uang atau PAd,di samping itu saya bekerja keras untuk meningkatkan sumber daya manusia yg sebagian masih awam sekarang sdh mengenal Teknologi MAJU terus PPOB smua lapisan masyarakt mendukung.M Andim magelang 081328419898
sekarang ada PPOB via SMS bos..jd modal HP jangkrik bisa..ga perlu beli komputer, printer internet dll
di sini infonya:
http://www.telkomsat.do.am SERVER PULSA ELEKTRIK MURAH TANPA KODE
PLUS SALDO PULSA ANDA BISA UNTUK TRANSAKSI
PPOB ONLINE (PEMBAYARAN TAGIHAN PLN, TELKOM, PDAM DLL)
(BUKAN MLM)
PPOB gratis biaya pendaftaran-
Praktis hanya pakai SMS, tanpa harus beli Komputer-Printer-modem-deposit mulai 20rb saja
BONUS KOMISI PAYMENT JARINGAN DAN BONUS KOMISI ROYALTI WOW!!
lanjut ae, bang …soalnya kalo gag hemm …Trx = S….jika trx = 0 , S = tdk ada respon dari server … 🙂
aq minta tolong di kasih tau tempat daftar PPOB yg paling enak itu di bank apa?termasuk maintenen dllnya txs
kirim aja ke pscell01@gmail.com
Anda ingin mendirikan loket pembayaran Listrik & Telepon, angsuran kredit : FIF, ADIRA, Kartu Kredit HSBC, ABN AMRO & GE Online di KEDIRI, TULUNGAGUNG, BLITAR, MADIUN, NGANJUK, JOMBANG, MOJOKERTO Hub. kami sekarang juga
kami siap membantu mewujudkan usaha Anda dirumah.
Persyaratannya :
1. Mempunyai Konmputer atau Laptop
2. Mempunyai media koneksi HSDPA, GPRS atau yang sejenis
3. Mempunyai Printer Dot Matrik Epson LX800 atau LX300
4. Deposit untuk transaksi minimal Rp. 500.000, –
5. Mendaftar ke kami atau mengisi formulir
Untuk Installasi aplikasi kami tidak memungut biaya alias Gratis
Buruan Hubungi kami segera ke 0354 7132288 dan 0852 5959 5959, 081.259.559.559
Siapa cepat dia lebih cepat meraih keuntungan
jadi banyak yang iklan nih…..
gini aja, mas/ibu/abng dsb. yang serius buka loket silahkan kirimkan pertanyaan secara eklusiv, bebas tapi sopan ke permana.galih@gmail.com. semua pertanyaan anda akan kami jawab secara eklisiv dan personal. sehingga anda menjapat kejelasan, kepastian dan keamanan tentunya.
Pak galih saya di daerah pangandaran jawa barat. bisa jadi agen anda ga? soalnya fee kalau segitu guede banget. ya lumayan bisa lebih dari paciwit – ciwit lutung he..he… nuhun tina waleranna. nga email deui modem abina lemot. pami lebet deu kadieu langsung ka email abinya.
yang minat buka ppob bank bri silahkan hubungi 081244401344
Asosiasi KUD menolak Sistem Pembayaran PPOB, pantes aja temanku di Blitar jadi kolektif PLN yang bayar lewat KUD pelanggannya 500 orang dan dia skrg punya Loket PPOB sendiri Eeeee…. la kok KUD nya bisa SEWOT ya….bulan depan semua tagihan kolektif teman saya di print pada tengah malam jam 24.00 wah…wah…gimana ya kok bisa sewot gini ya maklum waktu jamannya SUHARTO KUD kan anak masnya PAK HARTO wis gak usum REK saiki jaman KETERBUKA’AN jaman Doeloe lewat dech… masih banyak para KUD yang masih demikian silahkan beri KOMENTAR ya gan, terima kasih.
mau coba model bisnis ini..bisa dipastikan aman 100 % ya pak..??
dan resikonya hanya keuntungan..
KUD HAK UNTUK SEWOT KRENA MREKA MEMPERTAHAN KAN ASETNY KRENA KRJASAMA DGN PLN UDAH BER TH2 MASA KLH DGN YG BRU,TOLONG PDA PP2 YG BRU G NYROBT TRUS KONSUMEN PP KUD,BISNIS N BISNIS TP PAKE ETIKA ITU LEBH BAGUS,DI PRIN SEMUA SAMA PP LAMA BARU TAU RASA,,,,
kpd mbak/mas sysi yth.. memang betul kud sudah bertahun-tahun dengan PLN, namun jangan lupa, era-nya bukan seperti itu sekarang. Sekarang dengan ppob ini rasanya sudah keterbukaan, siapa saja bisa menjadi loket pembayaran listrik karena kebijakannya sudah dengan perbankan, bukan dengan PLN langsung.
Jika anda ingin pertahankan asset anda (dalam hal ini pelanggan), pertahankanlah dengan sportif, seperti meningkatkan pelayanan dsb, rasanya ini akan menjadi persaingan sehat. Jika anda mencetak lebih dulu silakan saja, tidak ada yang melarang koq. Pelanggan tentu akan senang.
memang PLN mempunyai ide yang sangat cemerlang & brillian, sampe-sampe PPOB itu mempunyai kepanjangan dari PONTANG-PANTING ON BANK……..
Yang mau buka ppob wilayah tangerang dan sekitarnya bisa menghubungi saya 085697623861
bisa untuk telepon, pulsa all operator, angsuran motor, asuransi, dll.
– Deposit mulai 50.000 sudah bisa transaksi
– tidak ada saldo mengendap
– legalitas perusahaan terjamin
– full online
– bisa via bank bca, mandiri, bni.
Pakai pc/hp (mobile), biaya registrasi 350 rb dapat staterkit, spanduk.
fee pln Rp. 1.500/lembar
telpon Rp. 700/lembar
syarat mudah, cukup scan fc. Ktp atau sms data ke saya proses 1 hari selesai.
Boleh ikutan ya, saya sudah jadi agen ppob hanya saja kekecewaan saya kenapa PT POS juga boleh ikut, modal dia besar dan kantor dia banyak, otomatis pasti saya, kalo boleh mewakili agen2 lain, pasti akan kalah bersaing, berarti kami bisanya jam buka malam, sedangkan kami siang kerja malam istirahat, bukannya kami mengeluh bila bekerja keras, tapi nantinya kami harus kerja rodi donks, belum lagi tagihan internet waduhhhhhh
Thanks for this info…
BUKA LOKET PEMBAYARAN PLN, TELKOM, PDAM, SE- INDONESIA, : http://www.pln.tukaronline.com/pln
HUB. 087770643219 CARA MUDAH BISNIS PEMBAYARAN PLN, PDAM, TELKOM, PULSA, DLL
Bisnis loket pembayaran modal kecil bisa langsung buka dirumah atau di tempat lain. HUB. 087770643219 Syarat ada komputer, printer dan internet. Semua transaksi pembayaran tagihan bisa terlayani.
Cakupan Wilayan PLN
1. PLN Wilayah Aceh
2. PLN Wilayah Sumatra Utara3. Wilayah Riau Dan Kepulauan Riau
4. PLN Wilayah Sumatra Barat
5. Distribusi DKI Jaya & Tangerang
6. Distribusi Jawa Barat & Banten
7. Distribusi Jawa Tengah & DIY
8. Distribusi Jawa Timur & Madura
9. Distribusi Bali
10. PLN Wilayah Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah ( Kalselteng )
11. PLN Wilayah Kaltim
12. PLN Wilayah Nusa Tenggara Timur
13. PLN Wilayah Suluttenggo
14. PLN Wilayah Sulselrabar
HUB. 087770643219
Cetak TIKET PESWAT BISA……..
info yang anda berikan tentang PPOB sangat bagus bos dan sangat membantu bagi yang ingin buka loket PPOB. dan saya sendiri juga sudah buka loket PPOB.
Saya iingin menayakan bagai mana caranya jika saya ingin membuka loket di wilayah aceh – bireuen.
saya sudah hampir sebulan mencari tempat untuk mendaftar membuka usaha liket pembayaran rekening listrik.
terimaksih atas informasinya.
saya Rahman tinggal di sumut dan sudah membuka layanan ppob. kl berminat,bisa hubungi saya di 081376936628 atau armanmarbun@gmail.com.
PPOB merupakan peluang usaha bagi masyarakat sebab kita dengan membuka loket PPOB bisa mendapatkan pendapatan yang lumayan setiap bulan apa lagi yang udah punya warnet atau counter HP. bisa menambah pendapatan dan kita kan sudah punya PC dan printer jadi tinggal kita tambahkan aja loket PPOB
kalau ada yang mau buka loket ppob ini ada bahkan dengan pendaftaran gratis lagi
SAH SAH SAJA.. PLN MEMAKAI JASA PPOB..!! WALOPUN KENA BIAYA ADM RP 1.600.. YG PENTING HALAL!! BKN KORUPSI..!!
KIOS KIPO
Sudah sejak tahun 2003 kami berbisnis dibidang pelayanan pembayaran rekening listrik hingga sekarang dengan Sistem PPOB.
Selama ini kami aktif di wilayah JATENG, DIY & BALI, dan pada tahun 2011 kami mulai memperluas wilayah kerja ke Jawa Timur.
Bila ada rekan2 yang berminat bisa mencari infonya di website resmi kami http://www.kioskipo.com
Terima kasih.
saya cek rekening saya bulan April 2012 di http://www.pln.co.id dan jumlahnya menunjukkan Rp. 407.085,- tapi di rekening yang diberikan oleh PPOB dari Paciran Lamongan ternyata menunjukkan Rp. 411.085 dan harus membayar Rp. 412.685 karena biaya admin Rp.1600,-. yang aku herankan itu kenapa data dari http://www.pln.co.id tidak sama za….??? yang benar ini keduanya atau cuma satu….. mohon petunjuk….
kemungkinan besar anda bayar setelah tanggal 20 jadi kena denda 3000
bos gimana cara menjadi vendor ppob, mumpung kita punya banyak ppob, mohon informasinya segera, trimk.
Trims buat postingannya ya gan yang menjelaskan PPOB ini. Semangat selalu gan..
ppob harus jalan terus karena itu memudahkan masyarakat. kalau ada yg menuntut ppob dihapus itu berarti akan mempersulit masyarakat.
sungguh bermanfaat atas apa yang anda tulis, makasih, salam kenal yah
sungguh tulisan yang sangat menambah info dan pengetahuan, terimakasih bnyak yah, salam kenal. thaks
cool topic and well written article, I really like your site and will be reading it a lot more! hehehehe
thaks for sharing, i like your post because very very goods, nice post
thaks gan atas informasinya gan. semoga bermanfaat bagi para pembaca. nice post.
salam putra pulau tidung
Apakah Anda memerlukan bantuan keuangan yang mendesak? email kami via Email: collinsscotthelpfunds@gmail.com dengan bawah Info ..
nama:
Negara:
jumlah:
durasi:
Nomor Telepon:
Selama ini pelanggan sangat berterimakasih atas kemudahan pembayaran pln outlet dipelosokpun telah dibuka bulan juni 14 outlet banyak di tutup melihat sangat sulit pengoperasian yang diterapkan pihak pln
semua itu membingungkan ga ad yang pas kata kata nya
Apakah Anda perlu 100% Keuangan? Aku dapat melayani kebutuhan keuangan Anda dengan lebih sedikit
Masalah pengembalian itu sebabnya kami mendanai Anda untuk hanya 3%. apapun Anda
situasi, bekerja sendiri, pensiun, memiliki peringkat kredit yang buruk, kita
bisa membantu. Pembayaran yang fleksibel lebih dari 3 sampai 20 years.Contact kami
at: jenniferrjohn536@gmail.com
1 Nama Lengkap: ……………………….
2 Kontak Alamat: …………………..
3.Jumlah Pinjaman Dibutuhkan: ………………..
4. Durasi Pinjaman ……………….
5. Nomor Telepon Langsung: ……………..
Salam,
Mrs.Istriyah Dawi.
Banyakl tempat untuk bayar lebih mempermudah pelanggan, dari pada harus banyak keluar ongkos, dan waktu tersita,
usaha ppob bagus ada penghasilan buat agen, dapat fee (dari sebagian biaya admin) Kalau tidak ingin bayar biaya admin, silahkan coba bayar di selain PPOB misal ke Bank, apakah ada/tidak ada Biaya Admin?, atau coba datang ke PLN tanyakan dimana bisa bayar tanpa biaya admin.
PLN buat jaringan listrik harus pakai uang kalau mau bayar sedikit, Listrik gunakan seperlunya